Tuesday, July 15, 2014

Pembangkit Listrik Tenaga Magnet

Inovasi adalah suatu hal yang paling diperlukan bagi mahasiswa untuk merubah suatu masa ke masa yang lebih baik, penemuan yang berbeda atau belum ada sebelumnya. Ketika dunia mengalami permasalahan krisis energi khususnya di pedesaan, suatu inovasi diikuti dengan penerapan sains dan teknologi dengan peluang besar dapat mengatasinya. Dari permasalahan krisis energi tersebut, kami tertarik untuk memecahkannya dengan menemukan cara lain untuk mendapatkan energi. Oleh sebab itu berbeda dari yang sebelumnya seperti pembangkit listrik tenaga air, udara, uap dan surya, kami ingin menerapkan hal tersebut dengan membuat suatu alat yang dapat menghasilkan energi listrik dengan sistem turbin melalui tenaga magnet dan akan kami kaji pada halaman berikutnya.

1.2       Batasan Masalah
1. Apakah medan magnet dapat menggerakkan turbin?
2. Apakah magnet dapat mempertahankan kemagnetannya dalam jangka waktu yang cukup panjang?
3. Apakah magnet dapat menjadi salah satu solusi dalam permasalahan krisis energi listrik?

1.3       Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk menemukan suatu inovasi baru dengan menggunakan medan magnet sebagai sarana utama untuk menghasilkan energi listrik.


BAB II

DASAR TEORI

2.1       Landasan Teori
Magnet selalu memiliki dua kutub yaitu: kutub utara (north/ N) dan kutub selatan (south/ S). Walaupun magnet itu dipotong-potong, potongan magnet kecil tersebut akan tetap memiliki dua kutub. Magnet dapat menarik benda lain. Beberapa benda bahkan tertarik lebih kuat dari yang lain, yaitu bahan logam. Namun tidak semua logam mempunyai daya tarik yang sama terhadap magnet. Besi dan baja adalah dua contoh materi yang mempunyai daya tarik yang tinggi oleh magnet. Sedangkan oksigen cair adalah contoh materi yang mempunyai daya tarik yang rendah oleh magnet.

2.2       Hukum Lenz dan Hukum Maxwell
2.2.1    Hukum Lenz (1878)
“Jika suatu pengantar listrik digerakkan dalam suatu medan magnet, maka arus listrik yang diinduksikan berarah sedemikian rupa, sehingga gerak pengantar listrik yang mengakibatkan induksi tadi terhambat olehnya.
2.2.2    Hukum Maxwell (percobaan Maxwell) James Clerk Maxwell [1864]
“Oleh karena perubahan medan magnet dapat menimbulkan medan listrik,sebaliknya perubahan medan listrik dapat menimbulkan medan magnet”

2.3     Sifat Sifat Magnet
2.3.1    Kutub-kutub Magnet
Semua magnet memperlihatkan ciri-ciri tertentu. Magnet memiliki dua tempat yang gaya magnetnya paling kuat. Daerah ini disebut kutub magnet. Ada 2 kutub magnet, yaitu kutub utara (U) dan kutub selatan (S).. N merupakan kutub utara magnet itu (singkatan dari north yang berarti utara) sedangkan S kutub selatannya (singkatan darisouth yang berarti selatan).

Magnet dapat berada dalam berbagai bentuk dan ukuran. Bentuk yang paling sederhana berupa batang lurus. Bentuk lain yang sering kita jumpai misalnya bentuk tapal kuda (ladam) dan jarum. Pada bentuk-bentuk ini, kutub magnetnya berada pada ujung-ujung magnet itu. Gambar 1 memperlihatkan berbagai bentuk magnet yang sering kita jumpai.
Gambar 1. Berbagai bentuk magnet.
Jika dua buah magnet saling didekatkan, magnet pertama akan mengerjakan gaya pada magnet kedua, dan magnet kedua mengerjakan gaya kepada magnet pertama. Gaya magnet, seperti halnya gaya listrik, berupa tarikan dan tolakan. Jika dua kutub utara didekatkan, maka keduanya tolak-menolak. Dua kutub selatan juga saling menolak. Namun, jika kutub selatan didekatkan pada kutub utara, maka kedua kutub ini akan tarik-menarik. Sehingga kita dapat membuat aturan untuk kutub magnet: kutub senama tolak-menolak, dan kutub tak senama  tarik-menarik.
 Gambar 2 Kutub magnet yang berbeda saling menarik
Gambar 3. Kutub magnet yang sejenis saling menolak
Kutub-kutub magnet selalu berpasangan yaitu kutub utara dan kutub selatan. Selama  bertahun-tahun  para ilmuwan mencoba mendapatkan satu kutub saja yang ada pada sebuah magnet. Jika sebuah magnet dipotong menjadi dua, ternyata hasilnya berupa dua magnet yang lebih kecil dan masing-masing tetap memiliki kutub utara dan selatan. Seperti halnya Gambar C3.
Gambar 4. Magnet yang dipotong-potong
2.3.2       Medan Magnet
Walaupun gaya-gaya magnet yang terkuat terletak pada kutub-kutub magnet, gaya-gaya magnet tidak hanya berada pada kutub-kutubnya saja. Gaya-gaya magnet juga timbul di sekitar magnet. Daerah di sekitar magnet yang terdapat gaya-gaya magnet disebut medan magnet. Garis gaya magnet dapat digambarkan dengan cara menaburkan serbuk besi pada kertas yang diletakkan di atas magnet. Jika pada suatu tempat garis gaya magnetnya rapat, berarti gaya magnetnya kuat. Sebaliknya jika garis gaya magnetnya renggang, berarti gaya magnetnya lemah.
Gambar 5. Diagram garis gaya magnet dapat dibuat sesuai pola serbuk besi yang terjadi.
Gambar 6. Garis medan magnet Utara-Selatan.
Seperti halnya garis gaya listrik yang menggambarkan medan listrik, garis gaya magnet dapat menggambarkan medan magnet. Namun tidak seperti garis gaya listrik yang dapat berawal dan berakhir pada satu muatan listrik, garis gaya magnet tidak ada awal dan akhirnya. Garis gaya magnet membentuk lintasan tertutup dari kutub utara ke kutub selatan. Jadi, medan magnet adalah daerah di sekitar magnet yang masih bekerja gaya magnet, digambarkan oleh garis gaya magnet yang menyebar dari kutub-kutub magnet. (Sudibyo, Elok, dkk. 2008: 204-206)

BAB 3
ISI

3.1       ALAT DAN BAHAN
  1. Magnet dengan kutub selatan dan utara
  2. Karbon sebagai penetral magnet
  3. Kayu sebagai penyangga
  4. Generator


3.2       CARA KERJA
  1. Putar turbin 1 kali
  2. Magnet pada ketiga sisi berguna untuk menggerakkan turbin secara terus menerus.
  3. Prinsipnya setelah turbin diputar sebanyak 1 kali, kutub positif magnet di luar akan menarik kutub selatan magnet pada turbin.
  4. Saat magnet tertarik, magnet turbin tidak secara langsung tepat berhenti  di kutub utara magnet luar, tetapi akan bergerak sedikit melewatinya, saat magnet generator melewati kutub utara
  5. Kutub selatan pada magnet luar akan mendorong kembali turbin, begitu juga kedua magnet luar yang lainnya bekerja, sehingga turbin akan bergerak secara terus-menerus dan menghasilkan energy
3.3       ANALISIS
  1. Setelah turbin diputar sekali, kutub utara agnet yang berada di luar turbin akan menarik kutub selatan pada magnet turbin, sehingga turbin akan terus berputar dan menghasilkan energi.
  2. Sifat kemagnetan dari magnet permanen tidak akan habis, kecuali dibanting, dipukul-pukul, dibakar dan di letakkan pada solenoida, sehingga turbin akan terus berputar.
3.4       KELEBIHAN
-          Tidak membutuhkan bahan bakar
-          Tingkat efisiensi yang tinggi
-          Tidak perlu perawatan
-          Tidak menimbulkan polusi suara


BAB IV

KESIMPULAN


4.1       Kesimpulan
Jadi berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa medan magnet dapat dijadikan suatu inovasi baru sebagai sarana untuk menghasilkan energi listrik, yaitu dengan memanfaatkan gaya dorong antar kutub magnet sehingga dapat menggerakkan turbin generator.

2 comments:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin seperti
    saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete
  2. Apakah alat anda berhasil dijalankan? Jika iya bisa kah saya berkonsultasi? 082110994929

    ReplyDelete